No More New Year Resolution, Just Do It, Now!!!!!

Sudah jamak, setiap Tahun Baru, banyak orang beramai-ramai membuat resolusi. Yang ingin melakukan ini dan itu di tahun yang akan berjalan. At the end, di akhir tahun, semua resolusi yang diniatkan di tahun baru hanya (masih tetap) tinggal rencana. Tidak satupun dari resolusi yang dijalankan (peringatan buat saya sendiri juga lhooo…).

Tetap saja pola makan buruk (padahal ingin lebih sehat).
Tetap tidak berolahraga (padahal ingin lebih sehat).
Tetap menunda-nunda pekerjaan (padahal ingin lebih produktif).
Tetap suka begadang (padahal ingin bangun pagi dan fresh).
Tetap saja boros (padahal ingin menabung)
Dan sebagainya dan sebagainya.

Enjoying the sun and the sand at Area Branca, Dili, East Timor

Enjoying the sun and the sand at Area Branca, Dili, East Timor

Tahun ini, tidak usahlah beresolusi. Percuma membuat resolusi tapi tidak pernah ditepati. Lalu, apakah yang harus dilakukan tahun ini?

Kalau Anda ingin mengubah pola makan buruk Anda, ya gampang saja. Sejak detik ini, segera jalankan sesuai dengan keyakinan Anda. Apapun pilihan diet Anda. Yang mau Food Combining, silahkan. Yang mau makan layaknya orang gua (cavemen diet) alias Paleo silahkan. Yang mau menjadi vegetarian dibebaskan. Mau diet raw food0-whole food monggo, tidak ada yang melarang. Atau bahkan Anda yang mau diet dengan cara Intermitten Fasting (IF) atau lebih terkenal dengan nama diet OCD juga dipersilahkan. Tidak ketinggalan mereka-mereka pengangut Two days fasting five days fiesta aka kalau di dalam Islam bisa dengan cara puasa Senin-Kamis.
Mulai jalankan hari ini juga, sesuai dengan apa yang Anda yakini. Sesuai dengan hal-hal yang membuat Anda nyaman dan aman serta tidak menggerutu karena merasa sengsara.

Menu enak & sehat tanpa sengsaran

Menu enak & sehat tanpa sengsaran

Dan, kalau Anda mau rutin olahraga, banyak cara juga bisa dilakukan. Saya sering mendengar banyak alasan kalau orang tidak bisa berolahraga karena “tidak ada waktu.” Alasan jamak kan? Nah, if you don’t have any time, make time… Belum lagi yang bilang, kalau orang yang berolahraga itu adalah orang “yang nganggur.” Ah, saya mah tidak percaya ini. Ini mah orang yang malas olah raga dan sedang cari-cari alasan.

Olahraga tidak perlu yang sangat ekstrim dan harus berjam-jam di gym. Jadikah olahraga sebagai hal yang embedded dalam kegiatan sehari-hari kita. Daripada naik motor ke warung sebelah, jalanlah, atau naik sepeda. Daripada terus menggunakan mesin cuci, sekali-kali cucilah baju-baju yang ringan secara manual –kayak jaman nenek-nenek kita.

Wisata Surabaya-Tugu Pahlawan

Wisata Surabaya-Tugu Pahlawan

Atau kalau memang mau serius olahraga, bolehlah mendaftarkan diri ke gym, gabung club golf, dan sebagainya. Bahkan, ketika Anda untuk pertama kalinya menalikan sepatu Anda, itu sudah menjadi awalan yang bagus. Akan menjadi lebih berprestasi kalau Anda keluar dari rumah dan melangkah. Hal ini, tentu saja, butuh kerutinan dan komitmen untuk terus konsisten. Bukan hanya berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk ini, tapi seberapa lama Anda bisa menjaga komitmen ini.

Wisata Surabaya-House of Sampoerna

Wisata Surabaya-House of Sampoerna

Kalau Anda tahun ini mau pergi traveling ke tempat yang benar-benar Anda inginkan, mulailah menabung dengan mengurangi hal-hal yang kurang perlu. Kurangi nonton di bioskop, kurangi makan di luar, kurangi beli baju, sepatu, kurangi rokok & ngopi cantik, dan sebagainya. Banyak hal-hal “tidak perlu” yang sebenarnya bisa dikurangi. Nah, kalau Anda memang tidak melakukan hal-hal ini, mulailah menabung – meskipun kecil-kecilan. Seratus-duaratus ribu per bulan dalam satu tahun bisa terkumpul satu juta rupiah. Sudah bisa dibuat jalan-jalan ke Bromo atau ke Jogjakarta. Nah, kalau ini memang tidak mungkin semua, jadilah turis di kotamu sendiri. Pasti, banyak hal yang belum kamu ketahui tentang kotamu. Mulailah keluar dari rumah dengan blank state… dan mulailah lihat kotamu dengan cara pandang yang baru.

Tapi, kalau uang bukan lagi menjadi masalah buat Anda, mulailah dengan membeli tiket ke tujuan yang Anda inginkan. Once you have tickets, mau tidak mau, Anda akan make time.. Anda akan melonggarkan waktu Anda. Rencana detail? Ah… nantilah, yang pentinh Anda punya tiket terlebih dahulu. Itu, paling tidak akan membuat Anda “komit” terhadap rencana ini.

Wisata Surabaya-Food Festival

Wisata Surabaya-Food Festival

Nah, selain hal-hal ini, masih banyak sekali hal yang tidak usah Anda rencanakan. Tapi JUST DO IT! JUST DO IT DOESN’T WAIT.. 

Wisata Surabaya-Food Festival

Wisata Surabaya-Food Festival

Leave a Reply