Breakfast with Oatmeal Banana Chocolate Pancake

Bagi saya, pancake adalah makanan yang lekat dengan “liburan.” Sudah beberapa hari ini, saya mengidam bikin pancake. Sebenarnya, ngidam saya makan pancake sudah beberapa saat yang lalu. Cuman, karena tepung almond yang awalnya ingin saya bikin savoury pancake entah terjatuh dimana, akhirnya mood bikin pancake hilang… 🙂

Terus, minggu yang lalu ketika sleeping over, Lene bilang buat pancake pisang saja untuk sarapan. Nah, karena pizza dan lasagna kita masih banyak, akhirnya kita sarapan menghabiskan leftover.

Ketika beberapa hari yang lalu pergi ke mall, sempat berpikir untuk makan pancake saja. Tetapi, tidak mau ahhhh.. Harga pancake di mall sering tidak masuk akal. Satu biji pancake bisa Rp. 20 ribu. Itupun belum termasuk pajak. Ihh.. mihil bingits buat makanan yang berasal dari campuran tepung terigu (white flour), gula, baking soda, telur, dan susu. Terus disajikan dengan butter.

Belum lagi, kalau pancake beli “sedikit” bau obat karena mungkin kebanyakan baking soda dan bahan-bahan pengembang kue lainnya.

Iiihhh… kalau cuman bikin kayak gini ya bisa lah saya, hiihhih. (Sombong).

Dan, bikin sendiri merupakan pilihan yang bijaksana, hemat, dan lebih sehat.

Saya juga sering banget bikin pancake dengan berbagai variasi tepung. Karena saya berusaha sebisa mungkin menghindari tepung putih, saya suka coba-coba bikin pancake mulai dari tepung beras hitam, beras merah, buckwheat, dan sebagainya. Nah, berhubung di rumah lagi tidak ada tepung apapun, kepikiran untuk mencoba dengan oat saja karena hanya itu bahan yang bisa dibikin tepung di rumah. Sekalian, ingin mencoba apa bisa.

red rice pancake :)

red rice pancake 🙂

Kebetulan, di rumah sedang ada pisang dari rumah di Tulungagung. Nah, karena di rumah juga kebetulan sedang punya coklat bubuk, maka terpikir untuk mencampur itu semua. :).

Nah, ini bahan-bahan sederhana yang saya buat untuk pancake:

  • Rolled Oat sebanyak 6 sendok makan.
  • Minyak kelapa 5 sendok makan
  • Air 1/2 gelas
  • Telur 1 butir
  • Pisang kepok ukuran kecil 2 buah
  • Coklat bubuk Tru Ra 2 sendok makan

Caranya?
Karena saya seorang pemalas, dari awal sebelum membuat, saya sudah berpikiran untuk membuatnya di food processor saja. Selain karena oat-nya masih berbentuk rolled oat, juga karena pencampuran di food processor lebih bisa rata.

Step 1:
Letakkan oat di dalam food processor, di-milling selama kurang lebih 2 menit. Kemudian campurkan coklat bubuk.

Step 2:
Setelah kedua bahan tercampur, masukkan telur, pisang kepok, dan minyak kelapa ke dalam adonan. Setelah tercampur semua, tambahan air, dan siap digiling kembali.

Step 3:
Setelah semuanya tercampur, adonan siap untuk dimasak! Untuk adonan ini, bisa dihasilkan empat keping pancake yang siap santap.

Nom Nom Nom. Bon appétit.. 🙂

Nah, ini jadinya, pancake oatmeal pisang coklat. :)

Nah, ini jadinya, pancake oatmeal pisang coklat. 🙂

PS: saya tidak menggunakan gula di adonan ini. Manis saya dapatkan dari pisangnya. Kalau memang masih kurang manis, Anda bisa tambahkan gula atau madu ketika penyajian.

Leave a Reply